INILAH.COM, Islamabad – Para penyerang yang diduga suruhan kelompok militan Al Qaeda dan Taliban, menembak mati satu-satunya anggota kabinet Pakistan yang beragama Kristen. Mengapa?

Menteri untuk Agama Minoritas Pakistan Shahbaz Bhatti tewas pada Rabu (2/3), setelah tiga pria menembaki mobilnya, di garasi orangtuanya. Ini merupakan pembunuhan kedua dalam dua bulan, terhadap para penentang hukuman mati bagi orang yang dianggap menghina agama Islam.

Bhatti yang seorang penganut Katolik, dinyatakan tewas begitu tiba di rumah sakit.

“Ia baru saja keluar dari garasi saat pria-pria itu menembakinya,” tutur Gulam Rahim, seorang saksi mata. Dua pria membuka pintu mobil Toyota hitam itu dan mencoba menarik Bhatti keluar.

Satu orang menembaki dengan senapan Kalashnikov. Mereka melarikan diri dengan Suzuki Mehran berwarna putih, sementara Rahim menyaksikan seluruh kejadian dari balik pohon.

Di lokasi kejadian ditemukan pamflet dari Al Qaeda dan Taliban, menyatakan sengaja mengincar Bhatti karena kepercayaan yang dianutnya dan menduganya sebagai anggota komite yang mengkaji ulang hukum baru tersebut.

Bhatti bukanlah yang pertama. Para penentang hukum ini memperoleh ancaman pembunuhan dan kemudian berakhir dengan kematian.