BuktidanSaksi.com – Washington – Bertahun-tahun sudah pasukan AS memburu Osama bin Laden. Pasukan AS akhirnya memang menemukan pemimpin jaringan Al Qaeda itu. Namun bukan di wilayah pegunungan di perbatasan Afghanistan seperti yang pernah diduga sebelumnya.

Osama ditemukan di sebuah bangunan mewah di luar Islamabad, Pakistan. Pejabat-pejabat AS seperti dilansir Reuters, Senin (2/5/2011) mengatakan, bangunan yang dikelilingi oleh tembok-tembok tinggi yang dipasangi kawat berduri itu ditaksir bernilai sekitar US$ 1 juta (sekitar Rp 8,5 miliar).

Rumah itu ditinggali Osama bersama istri termudanya dan seorang putranya. Bangunan besar berlantai tiga itu mirip seperti benteng.

Persembunyian Osama tercium setelah intelijen AS selama empat tahun lebih melacak salah seorang pria yang diyakini sebagai kurir kepercayaan Osama. Kurir tersebut diidentifikasi oleh para tersangka teroris yang ditangkap setelah serangan teroris 11 September 2001 di New York dan Washington, AS.

“Para tahanan juga mengidentifikasi pria ini sebagai satu dari sedikit kurir Al Qaeda yang dipercaya bin Laden. Mereka mengindikasikan bahwa dia mungkin tinggal dengan dan melindungi bin Laden,” ujar seorang pejabat senior pemerintah AS kepada para wartawan di Washington.

Pada Agustus 2010 lalu, otoritas AS menemukan bahwa kurir itu tinggal bersama seorang saudara laki-lakinya beserta keluarga mereka di sebuah bangunan unik dengan pengamanan tinggi.

“Ketika kami melihat bangunan di mana-mana dua bersaudara itu tinggal, kami terkejut dengan apa yang kami lihat: sebuah bangunan yang luar biasa unik,” cetus pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

“Juga perlu dicatat bahwa properti itu ditaksir bernilai sekitar US$ 1 juta namun tak memiliki jaringan telepon ataupun Internet,” ujar pejabat AS tersebut.

Bangunan tersebut berada di Kota Abbotabad, sekitar 35 mil sebelah utara Islamabad. Daerah tersebut relatif makmur dan banyak pensiunan pejabat militer Pakistan tinggal di sana.

Bangunan itu besarnya sekitar delapan kali ukuran rumah-rumah di sekitarnya. Bangunan itu berdiri di atas tanah yang luas yang relatif terpencil ketika didirikan pada tahun 2005. Namun beberapa rumah warga kemudian dibangun di dekatnya dalam beberapa tahun kemudian.

Bangunan megah itu dikelilingi oelh tembok-tembok yang tingginya mencapai 12-18 kaki atau sekitar 3,5 meter hingga 5,4 meter. Bangunan itu juga memiliki dua gerbang keamanan.

Sumber: Detik