Perisai.net – LSM lingkungan Greenpeace menduga ada keterlibatan perusahaan-perusahaan perusak lingkungan dibalik ancaman Front Pembela Islam, FPI kepada mereka.

Juru Kampanye Greenpeace Asia Tenggara Bustar Maitar menilai tuduhan-tuduhan yang disebutkan FPI terhadap Greenpeace tidak mendasar dan mengada-ada serta memiliki kesamaan metode dengan apa yang dilakukan Forum Betawi Rempuq, FBR sebelumnya.

“Saya pikir ini jelas ada yang memanas-manasi dan tentu yang memanas-manasi ini adalah perusahaan-perusahaan yang selama ini merasa dirugikan dengan kampanye Greenpeace. Karena mereka adalah perusahaan perusak lingkungan yang memalukan nama Indonesia di mata international”

Sebelumnya Dewan Pimpinan Daerah FPI Jakarta mengancam menindak LSM Greenpeace. FPI menilai Greenpeace sebagai LSM adalah liar karena tidak melapor dan terdaftar di Kesbangpol Jakarta. Greenpeace dianggap telah menjelek-jelekken Indonesia di luar negeri. LSM ini juga dinilai membiayai kegiatannya dengan dana tidak halal yaitu dari dana lotere Belanda. []