Sekitar dua ratusan orang dari Majelis Mujahidin tak hanya  menyerbu dan membubarkan diskusi buku Irshad  Manji di Pendopo LKiS di kawasan Sorowajan Bantul. Rombongan orang berjaket hitam dan berhelm itu juga melempari batu, mengobrak-abrik tempat diskusi dan memukuli semua peserta baik perempuan maupun laki-laki.

Irshad Manji dalam diskusi buku Terbarunya, Rabu, 09 Mei 2012 | 22:16 WIB

TEMPO.CO, BANTUL – Sekitar dua ratusan orang dari Majelis Mujahidin tak hanya  menyerbu dan membubarkan diskusi buku Irshad  Manji di Pendopo LKiS di kawasan Sorowajan Bantul. Rombongan orang berjaket hitam dan berhelm itu juga melempari batu, mengobrak-abrik tempat diskusi dan memukuli semua peserta baik perempuan maupun laki-laki.

Salah satu peserta terluka adalah Emely, asisten Irshad Manji, penulis dan feminis asal Kanada. Emily terluka lengan kanannya akibat dipukul penyerang. Kamera yang dibawanya juga pecah. “Kalian harus bubar, mana Irshad Manji,” teriak ratusan orang saat  mengobrak-abrik kantor LKiS, Rabu 9 Mei 2012 malam.

Serangan itu berlangsung hampir setengah jam. Mereka masuk saat diskusi baru berlangsung 30 menit. Seluruh kantor LKiS sebenarnya sudah ditutup karena mendengar bakal ada penyerangan. Panitia mengunci pintu gerbang dan kantor. Diskusi pun digelar di Pendapa di halaman belakang kantor.

Namun ratusan penyerang itu mendobrak pintu gerbang kantor di kawasan Sorowajan. Penyerang awalnya hanya berteriak membubarkan forum. Tapi 10 menit kemudian, mereka merangsek masuk dan memecahkan semua kaca jendela kanto. Mereka lalu memukuli peserta.

Setelah mengusir semua peserta dari pendopo LKiS, mereka kembali. Rombongan ratusan motor itu sempat menutup jalan raya Pura, Sorowajan baru, di depan LKiS.

Personel Polsek Banguntapan baru tiba lima belas menit kemudian setelah penyerang membubarkan diri. Mereka membawa mobil untuk mengangkut salah satu peserta yang terluka di bagian kepala.

ADDI MAWAHIBUN IDHOM | PITO AGUSTIN RUDIANA

Berita terkait:

Universitas Gajah Mada Yogyakarta – Dulu Kampus Bernuansa Kebangsaan, Kini Sektarian
Massa MMI Obrak-abrik Acara Diskusi Irshad Manji
Diskusi Irshad Manji Bubar Karena Diserang MMI
Buntut Diskusi Irshad Manji, Majelis Mujahidin Serang LKiS
Ratu Hemas Protes Pelarangan Diskusi Irshad Manji  
Irshad Manji, ‘Allah, Liberty and Love’  
Alasan UGM Larang Diskusi Irshad Manji  
Diskusi Irshad Manji di Yogya Juga Terancam