Socrates ialah guru yang bijak yang dihukum mati dengan meminum racun pada tahun 399 SM di Athena. Ini karena beliau menyebarkan ajaran monoteisme “Tuhan itu satu” (Laa Ilaha Illallah). Dia adalah kepercayaan yang bertentangan dengan paganisme politeisme Yunani ketika itu. Ajaran Socrates dianggap oleh penguasa Athena sebagai ajaran subversif yang berpotensi meracuni pikiran generasi muda Athena. Akhirnya, Socrates pun dihukum mati.Dengan menganalisis teks-teks Yunani yang berkenaan dengan kisah Socrates, maka penulis mendapati Socrates falsafah yang bijak. Penulis berpendapat bahwa Socrates adalah seseorang yang dikenal sebagai Luqman al-Hakim dalam al-Quran.

Analisis linguistik yaitu aspekfonologi/fonetik (ilmu bunyi/suara bahasa) menunjukkan nama “Luqman” kemungkinan berasal dari kata:

* Laqman (menelan)
* Luqoman (beberapa suapan)
* Luqmatu (sesuap)
* Laqimun (yang menelan)

Dalam konteks ini, Luqman adalah julukan bagi Socrates, yaitu sesuai dengan takdirnya sebagai orang yang “menelan” racun, jadi, Luqman dalam ALQuran adalah Socrates.’orang bijaksana dari Athena yang meminun racun. Hingga saat ini sejak zaman nabi Musa (1281 SM) hingga ke zaman Nabi Muhammad (632M), sejarah belum menemukan orang bijak yang dihukum mati dengan cara meminum racun kecuali Socrates dari Athena saja.

Beliau pernah mengatakan bagaimana tokoh-tokoh dalam Alquran seperti Zulqarnain, Yakjuj Makjuj, Luqmanul Hakim ini menjadi seolah-olah sesuatu yang asing di dunia semacam ianya wujud dalam dunia Islam saja, atau mungkinkah sebenarnya Allah memberi contoh sesuatu yang sebenarnya dikenali di seluruh dunia bertepatan dengan Al-Quran sebagai petunjuk untuk semua umat manusia. Tapi sebenarnya aku rasa inilah Mukjizat ALQuran, sebagai kitab terakhir, hanya perkembangan teknologi dan kajian penyelidikan yang terkini mampu merangkai figura-figura tersebut.

AlBaqarah Ayat 2: Kitab Al-Quran ini, tidak ada sebarang syak padanya (tentang datangnya dari Allah dan tentang sempurnanya); ia pula menjadi petunjuk bagi orang-orang yang (hendak) bertakwa;

Macam ada yang menuduh bahwa tidak mungkin Alexander The Great itu Zulqarnain, karena beliau tidak beriman dan minum arak. Sedangkan Arak adalah haram sepenuhnya di zaman Nabi Muhammad. Mana mungkin Zulqarnain yang hebat itu tidak dikenali oleh dunia, mana mungkin Luqman ni seorang yang tidak dikenali sedangkan namanya tercatat dalam kitab paling agung.

Aku rasa kajian penyelidikan terkini akan merungkai pertanyaan-pertanyaan ini, dan nanti di akhirat Allah akan bertanya mengenai tokoh-tokoh ini, kenapa kamu tidak mengambil pengajaran, sedangkan Allah sudah sebut dalam ALquran, sedangkan tokoh ini satu dunia pun tahu.

Sumber : http://islambangkitdengankebenaran.wordpress.com/2011/06/01/socrates-adalah-luqman-al-hakim/

Baca Juga Yang Kekonyolan-kekonyolan yang dibuat para Muslim Ini:

Liam Neeson masuk Islam
Nyi Roro Kidul masuk Islam
Gajah Mada masuk Islam
Simon Cowell masuk Islam
Angelina Jolie masuk Islam 
Michael Jackson masuk Islam
Paris Hilton masuk Islam
Will Smith masuk Islam
Britney Spears masuk Islam
Justin Bieber masuk Islam
Mark Zuckerberg masuk Islam
Stephen Hawking masuk Islam
[Kisah nyata] Satu gereja masuk Islam
Sunita Williams, Astronot wanita India yang Masuk Islam
Hitler masuk Islam di Indonesia
Neil Armstrong masuk Islam
Kaka masuk Islam
Striker MU Chicharito masuk Islam
Socrates adalah seorang muslim
Wong Fei Hung adalah seorang muslim
Tong Sam Cong adalah seorang muslim
Judge Bao adalah seorang muslim
Sidharta Buddha Gautama adalah seorang muslim 
Pattimura adalah seorang muslim
Sisingamangaraja adalah seorang muslim
Napoleon adalah seorang muslim
Jack Sparrow adalah seorang muslim
Albert Einstein adalah seorang muslim
Zlatan Ibrahimovic adalah seorang muslim
Semua manusia lahir sebagai Islam
Alien beragama Islam
Ternyata kerajaan Majapahit adalah kerajaan Islam 
Facebook terinspirasi dari Alquran
Ternyata penemu kungfu adalah orang muslim
Tembok Cina adalah buatan orang Islam
Ternyata Borobudur adalah peninggalan kebudayaan Islam
Benua Amerika ditemukan oleh orang Islam
Pangeran William adalah keturunan Nabi Muhammad