Lukisan Pencipta dan AdamDalam Quran, kita menemukan versi yang berbeda mengenai penciptaan manusia, sbb:

  1. Manusia diciptakan dari BUMI (Qs Huud 61:11)

“Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Shaleh. Shaleh berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi dan menjadikan kamu pemakmurnya…

  1. Manusia diciptakan dari TANAH LIAT (Qs Al Hijr 15:28)

“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk…”

  1. Manusia diciptakan dari TANAH (Qs Ali Imran 3:59)

Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia.

  1. Manusia diciptakan dari SETETES MANI dan SEGUMPAL DARAH (Qs Al Mu’min 40:67)

“Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), …”

 

  1. Manusia diciptakan dari AIR (Qs al Furqaan 25:54)

“Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.”

Dari beberapa ayat Quran diatas, kita menemukan ada beberapa sarana/bahan (beberapa diantaranya sama sekali berbeda), yang dipakai oleh Allah untuk menciptakan manusia; yaitu: Bumi, Tanah Liat, Tanah, Setetes mani, segumpal darah, dan air.

Sementara itu Alkitab mengatakan manusia pertama yaitu Adam diciptakan Tuhan dari debu tanah.

Dan YAHWEH, Elohim, membentuk manusia dari debu tanah dan mengembuskan napas kehidupan ke dalam lubang hidungnya; dan manusia itu menjadi suatu jiwa yang hidup. (Kejadian 2:7)

Karena itu kami bertanya:

  • Mengapa kisah penciptaan manusia menurut ayat-ayat Quran memiliki versi yang berbeda?
  • Jadi, manusia itu diciptakan dari apa, dari bumi – tanah liat – tanah – setetes mani – segumpal darah – atau dari air?
Advertisements